Bahaya Penyakit Asam Urat, Efek Samping serta Pantangannya

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada orang dewasa yang berusia mulai dari 30 tahun ke atas. Penyakit ini terjadi disebabkan karena  asam urat yang ada di dalam darah berlebihan yang tidak bisa keluar dari tubuh melalui urine atau pun tinja.

Sehingga  berubah menjadi kristal padat yang tinggal didalam sendi yang akhirnya akan menimbulkan masalah persendian. Gejala Asam urat yang bisa kamu rasakan adalah rasa sakit pada bagian sendi yang datang secara mendadak, disertai dengan rasa panas.

Untuk kamu yang baru pertama kali merasakan asam urat tentu akan merasa khawatir. pertanyaan yang pastinya muncul dalam pikiranmu adalah, “Apakah benar asam urat itu berbahaya?”. Sebenarnya asam urat berbahaya atau tidak bagi kesehatan kita tergantung secepat apa kita menangani gejala Asam urat tersebut. 

Jika kamu cepat dalam menanggapi rasa sakit yang terjadi pada tubuhmu dengan secepatnya pergi ke dokter, kemudian mengonsumsi resep dari dokter atau mengonsumsi obat-obatan herbal yang dipercaya tidak mengandung efek samping, tentunya Asam urat tidak akan menjadi penyakit yang membahayakan bagi tubuh. 

Namun, jika kamu terlalu santai dan membiarkannya menjadi berlarut-larut maka Asam urat yang kamu derita bisa menjadi sangat berbahaya bagi tubuhmu.

Sebab, penyakit asam urat ini jika dibiarkan secara terus-menerus akan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan pada tubuhmu.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat Anda alami jika asam urat dibiarkan tanpa ditangani:

1. Tofi

Tofi adalah asam urat yang dibiarkan begitu lama yang membuat kristal asam urat menumpuk dibawah kulit yang akhirnya akan membentuk sebuah benjolan kecil berwarna putih atau pun kuning.

Ini bisa mengakibatkan serangan asam urat secara berkepanjangan yang akan mengakibatkan rusaknya jaringan sendi secara permanen. Yang bisa berakhir dengan jalan operasi. 

2. Gagal Ginjal

Asam urat yang tidak secepatnya di obati juga bisa mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. Meski hal ini juga masih menjadi perdebatan oleh beberapa ahli, namun, Anda sebagai penderita asam urat tetap harus waspada. 

3. Cacat 

Kerusakan pada sendi akan mengakibatkan penderita susah melakukan aktivitas yang biasa dikerjakannya setiap hari. Asam urat akan membuat penderita cacat permanen.

4. Susah tidur

Serangan asam urat yang sering kali terjadi pada malam hari ini mengakibatkan penderita susah untuk tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Ini disebabkan rasa nyeri dari asam urat yang mengganggu mereka untuk bisa beristirahat dengan cukup. Dan jika Anda kurang tidur, ada berbagai penyakit lain yang bisa dengan mudah menjangkiti Anda.

5. Pengaruh ke emosi dan psikologi

Karena kurangnya waktu untuk beristirahat, penderita asam urat bisa menjadi stress, dan mengalami mood yang berubah-ubah, yang akhirnya bisa menjadi depresi. 

Selain penyakit-penyakit tersebut, asam urat juga bisa mengakibatkan terjadinya katarak, sindrom mata kering, dan pengkristalan pada paru-paru.

Untuk jauh dari penyakit asam urat kamu bisa atur pola hidup Anda agar lebih sehat. Rutin melakukan olahraga, minum air putih secukupnya dan mengatur pola makan dengan sebaik mungkin.

Pantangan Penderita Asam Urat

Sementara itu, untuk Anda yang sudah terkena asam urat, Anda harus lebih bisa membatasi diri dalam mengonsumsi beberapa makanan seperti:

  • Daging
  • Kacang hijau
  • Kacang kedelai
  • Kacang tanah
  • Sayur bayam
  • Kangkung
  • Buncis
  • Kembang kol
  • Biji melinjo

Asupan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Bagi Anda penderita asam urat harus lebih sering mengonsumsi makanan yang rendah lemak, buah-buahan yang mengandung vitamin C dan kalium, yang bisa membantu anda dalam mengatasi gejala asam urat seperti pisang dan apel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *