Cara Memilih Pengasuh Anak yang Baik

Cara memilih pengasuh anak yang baik sangat dibutuhkan oleh anda para ibu bekerja yang harus keluar rumah dari pagi hingga sore. K

esibukan dan aturan kantor yang tidak membolehkan karyawan membawa anak mau tidak mau membuat Anda harus menitipkan buah hati pada seorang pengasuh atau penitipan anak.

Anda yang ingin agar anak Anda mendapat perhatian lebih, tentu akan memilih mencarikan pengasuh anak daripada sekedar menitipkannya pada Tempat Penitipan Anak.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukan pengasuh bagi anak Anda. Faktor tersebut antara lain faktor keamanan, kenyamanan, cara kerja, budaya, dan budget yang Anda miliki.

Berikut ini cara memilih pengasuh anak yang baik:

Pilihlah pengasuh bayi yang jelas track recordnya

Anda akan lebih percaya menitipkan anak pada orang yang lebih dikenal atau pengasuh yang memiliki banyak pengalaman baik dalam hal pengasuhan anak.

Tidak dapat dipungkiri, anak adalah harta paling berharga dalam suatu keluarga, sehingga keamanan dan kenyamanannya perlu dipastikan saat dititipkan kepada orang lain.

Perhatikan Penampilan dan Sikap Pengasuh

Penampilan dan sikap pengasuh anak menunjukkan seberapa rapi dan keseriusan menjaga kebersihan diri calon pengasuh.

Sikap akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak Anda karena selama satubhari penuh anak Anda akan bersma pengasuh tersebut dan akan meniru apa-apa yang dilihatnya pada sikap pengasuh.

Ujilah keterampilan dalam mengasuh

Setiap pengasuh wajib memiliki keterampilan tertentu agar tugasnya sebagai pengasuh anak dapat dilaksanakan dengan baik.

Keterampilan yang wajib dimiliki boleh pengasuh anak antara lain kemampuan menggendong dan membawa anak, menenangkan anak, memandikan anak, membacakan cerita dongeng, dan tanggung jawab serta perhatian dalam pengasuhan.

Ujilah dengan studi kasus

Selain keterampilan, hal yang harus Anda pastikan pada pengasuh anak Anda adalah akhlak, adab, dan tanggung jawabnya dalam pengasuhan anak Anda.

Anda dapat menggunakan perumpamaan kasus tertentu sebagai jalan cerita dalam menguji pengasuh, misalkan ketika pengasuh di rumah bersama anak Anda dan ada pencuri yang masuk, ketika sedang di rumah terjadi kebakaran, apa yang akan dilakukan oleh pengasuh.

Beri kesempatan pengasuh berinteraksi dengan anak Anda

Cara berinteraksi dan berkomunikasi pengasuh kepada anak menunjukkan secara langsung bagaimana pola komunikasi dan kepedulian pengasuh kepada anaknya.

Apakah pengasuh adalah orang yang cuek, supel, penyayang, atau yang lain. Anda memang harus jeli melihat setiap tindak tanduk dari calon pengasuh anak Anda.

Mencari Yayasan Penyedia Pengasuh Terbaik

Hal ini dapat Anda lakukan ketika Anda tidak memiliki rekomendasi calon pengasuh dari teman atau saudara Anda. Carilan yayasan yang setidaknya terkenal memiliki reputasi yang baik dan track record yang memuaskan.

Anda dapat melakukan klaim dengan mudah dan dilayani dengan baik jika suatu ketika ada hal-hal tak terduga yabg terjadi pada anak Anda, misalnya anak Anda terjatuh, anak Anda sakit dan tidak ditangani, dan lain-lain.

Pastikan kesehatan pengasuh anak

Pengasuh akan membersamai anak Anda dalam waktu yang lama. Anak Anda akan berinteraksi langsung secara dekat dan dengan frekuensi yang sering.

Interaksi yang intens ini dapat menjadi jalan penularan penyakit tertentu kepada anak jika pengasuh memiliki penyakit menular, maka dari itu, pastikan pengasuh anak Anda tidak memiliki penyakit menular yang berbahaya bagi kesehatan anak Anda.

Cara memilih pengasuh anak yang baik membutuhkan kejelian dan intuisi yang baik agar Anda mendapatkan pengasuh yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga membutuhkan rekomendasi dan saran dari orang lain yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *