Mengobati Kepala Benjol Akibat Terbentur

Baik balita, anak-anak, remaja, dewasa atau pun orang tua tentunya pernah atau bahkan sering mengalami yang namanya terbentur. Entah itu terbentur meja, pintu, tembok, atau bahkan tiang. 

Apalagi untuk mereka yang memiliki ukuran badan terlalu besar atau terlalu tinggi. dan bagian tubuh yang paling sering terbentur pasti kepala. Meski kepala dilapisi oleh tulang yang keras dan juga kuat, namun jika terjadi secara terus-menerus bisa saja mengakibatkan timbulnya benjolan. 

Dengan adanya benjolan yang terkadang sampai beberapa hari tidak hilang, membuat beberapa orang tua khawatir akan anaknya. Tak sedikit juga dari mereka yang langsung pergi ke dokter, karena takut mengenai beberapa kemungkinan yang mungkin bisa saja terjadi, yang juga akan membahayakan anaknya.

Namun taukah anda, bahwa sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati kepala benjol, akibat terbentur? Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi benjol pada kepala, sebelum pergi ke dokter. 

1. Kompres benjolan dengan air dingin

Hal ini bisa dilakukan saat pertama kali anda terbentur, dengan ini anda dapat meminimalisir terjadinya benjolan pada kepala anda. Karena dengan ini anda bisa mengecilkan pembuluh darah yang dapat menghalau terjadinya benjolan, lakukan hal ini selama kurang lebih 15 menit. 

2. Bungkus kuat-kuat area kepala yang terbentur

Ini bisa anda lakukan dengan kain atau kasa bersih. Lakukan hal ini selama kurang lebih 15 menit. Jangan dilakukan terlalu lama, sebab jika itu terjadi dapat mengakibatkan sakit pada kepala. Dengan ini anda bisa mengurangi benjol pada area kepala yang terbentur.

3. Gunakan bawang merah

Bawang merah di percaya sangat efektif dalam mengempiskan benjolan pada jidat atau kepala.

Caranya juga cukup mudah, anda tinggal iris bawang merah, kemudian bungkus dengan menggunakan kain atau pun handuk tipis, kemudian kompreskan pada benjolan seperti saat menggunakan kompresan air dingin atau es. Lakukan selama 20 menit selama 3 hari. 

4. Kunyit

Rempah yang berwarna kuning ini juga dipercaya ampuh dalam menghilangkan benjolan pada kepala, ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan anti-oksidan dan juga anti-inflamasi yang sangat bagus untuk mengatasi benjol. 

5. Minyak Kastor

Minyak ini merupakan minyak multifungsi , karena minyak ini juga bisa dipakai untuk kecantikan serta kesehatan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, anda bisa langsung menyampurkan 1sdt madu dengan 1sdt minyak kastor, kemudian celupkan kapas pada adonan tadi, baru kompres benjolan pada kepala kurang lebih selama 30 menit. Anda bisa lakukan ini selama 3 hari sampai benjolan menghilang. 

6. Teh celup

Jika biasanya teh celup jika sudah digunakan lalu dibuang, kini anda bisa menggunakan teh celup bekas untuk mengatasi benjolan akibat benturan pada kepala anda.

Sayangnya tidak semua teh bisa anda gunakan untuk mengempiskan benjolan. Hanya teh hitam saja, ini karena ia mengandung sifat astringent yang bisa mengatasi benjolan. 

7. Periksakan segera ke dokter

Jika benturan yang dirasa cukup keras, anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter.apalagi jika benturan tersebut mengakibatkan luka.

Anda juga harus segera memeriksakan benjolan akibat terbentur yang ada di kepala anda, jika benjolan dirasa sudah lama dan tidak mengempis-mengempis, meski anda sudah melakukan cara-cara tradisional untuk mengempiskannya. 

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati kepala benjol akibat terbentur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *